MENULIS RAGAM PARAGRAF

Kamis, 29 Juli 2010



Melalui pernbelajaran ini, Anda diharapkan dapat :
§           mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentasi;
§           menyusun kerangka paragraf argumentasi;
§           mengembangkan kerangka menjadi paragraf argumentasi;
§           menggunakan kata penghubung antarkalimat dalam paragraf argumentasi.

1.        Paragraf Argumentasi
Makna kata argumen ialah alasan. Jadi, yang dimaksud argumentasi itu adalah pemberian alasan yang kuat dan meyakinkan.
Argumentasi merupakan bentuk karangan eksposisi yang khusus. Karangan argumentasi mengemukakan alasan, contoh, dan bukti yang kuat serta meyakinkan sehingga pembaca akan terpengaruh dan membenarkan pendapat, gagasan, sikap, dan keyakinan kita. Untuk membuk­tikan bahwa apa yang kita kemukakan itu benar, perlu kita sertakan grafik, gambar, statistik, denah, peta, dan lain-lain.
Langkah-langkah dalam menyusun tulisan argumentasi:
a.    Menentukan topik dan tujuan
1)     Topik telah ditentukan, misalnya "Sistem ijon yang Menghambat Kemajuan Petani dan Pengrajin"
2)     Tujuan, misalnya:
§      meyakinkan para pembaca bahwa ijon sangat merugikan petani dan pengrajin,
§      mempengaruhi/mengajak para petani dan pengrajin agar mau menjadi anggota KUD.
b.    Mengumpulkan bahan
Mengumpulkan bahan, dalam arti mencari fakta, dapat kita peroleh dengan mengadakan peninjauan (observasi) singkat terhadap objek yang akan kita bicarakan dengan pergi ke desa-desa, ke tempat pengrajin, ke sawah-sawah, tempat pengijon mengadakan operasi. Kemudian mengadakan wawancara dengan mereka.
Kita dapat mendasarkan argumentasi pada kesaksian orang lain, kesaksian dari orang-­orang yang mengalami sendiri atau telah menyelidiki sendiri fakta itu. Kesaksian-kesaksian juga dapat kita peroleh tidak secara langsung kita dengar dari orang yang mangalami peristiwa, tetapi dapat pula kita ketahui melalui dokumen-dokumen yang kita peroleh dari Kepala Desa atau KUD.
Berdasarkan bahan-bahan yang kita kumpulkan, dapat kita susun sebuah kerangka karangan. Kerangka karangan hendaklah sistematis dan logis berupa urutan pemecahan masalah serta meyakinkan.
Pengungkapan yang logis menurut cara cara konvensional terdiri atas tiga bagian, yaitu pendahuluan, pembuktian, dan konklusi atau ringkasan.
c.      Menarik kesimpulan
Setelah semua data kita hubung-hubungkan menurut urutan yang baik berikut fakta-­faktanya, lalu kita membuat sebuah kesimpulan. Dalam kesimpulan harus bisa kita buktikan bahwa sistem ijon sangat merugikan dan menghambat kemajuan petani dan pengrajin.
Akhirnya, sebagai penutup, kita perlu meyakinkan para pembaca bahwa agar para petani dan pengrajin tidak terpedaya para pengijon, sebaiknya mereka menjadi anggota KUD.

Pelatihan.
1.      Susunlah kerangka karangan dengan topik "Sistem Ijon yang Menghambat Kemajuan Petani dan Pengrajin" berdasarkan contoh penjabaran di atas!
Jawab                                                                                                                   
2.       Sebutkan ciri-ciri karangan argumentasi!
Jawab                                                                                           
3.      Pilihlah topik di bawah ini yang bisa dikembangkan menjadi paragraf argumentasi, berilah tanda (+)!
(....)   a.     Transmigrasi sebagai salah satu upaya peningkatan taraf hidup masyarakat.
(....)   b.    Kemacetan lalu lintas di kota besar.
(....)   c.     Sopan santun berlalu lintas.
(....)   d.    Pudarnya minat remaja terhadap kesenian daerah.
(....)   e.     Pengembangan organisasi di Indonesia.
(....)   f.     Pengaruh pergaulan terhadap prestasi belajar siswa.
(....) g. Tata niaga cengkeh di Indonesia dan sumbangannya bagi perekonomian Indonesia.
4.    Buatlah contoh-contoh judul yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentasi!
Jawab                                                                                                                   

2.        Paragraf Persuasi
Melalui pembelajaran ini, diharapkan Anda dapat:
§         mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf persuasi;
§         menyusun kerangka persuasi;
§         mengembangkan kerangka yang disusun menjadi paragraf persuasi.

Menurut Gorys Keraf, karangan persuasi merupakan kelanjutan bentuk karangan, argumentasi. Yang dimaksud pernyataan itu adalah bahwa karangan persuasi berangkat dari karangan argumentasi yang dilengkapi dengan data, fakta, informasi, ataupun kesaksian.
Prosa persuasi adalah bentuk karangan yang bertujuan untuk membujuk, mengajak pernbaca agar melakukan sesuatu yang diinginkan penulis. Persuasi selalu bertujuan untuk mengubah pikiran orang lain, pembaca, agar mau menerima dan melakukan sesuatu yang diinginkan penulis. Untuk meyakinkan pembaca mengenai apa yang dipersuasikan, penulis harus menimbulkan kepercayaan pada pembaca. Kepercayaan merupakan unsur utama dalam persuasi. Persuasi adalah merebut kesepakatan pembaca.

Perbedaan dengan argumentasi
a.      Dalam persuasi, kesepakatan merupakan hasil berpikir, sedang argumentasi semakin banyak fakta semakin kuat nilai kebenaran yang bisa dipertahankan. Fakta dalam argumentasi hanya digunakan seperlunya.
b.      Situasi yang dihadapi oleh argumentasi adalah situasi konflik dari keragu-raguan mengenai kebenaran dari masalah yang dihadapi, sedangkan persuasi, penulis atau pembaca berusaha menghindari konflik.
Langkah-langkah untuk menulis sebuah paragraf persuasi:
a.                Menentukan topik dan tujuan
Topik
·    Menghindarkan Pengaruh Buruk Narkotika dan Obat-Obatan Terlarang Lainnya Tujuan
·    Meyakinkan pembaca, kaum remaja, akan bahaya narkotika dan obat-obat terlarang, bahwa masa depan pecandu-pecandunya pasti akan hancur.
·    Membujuk pembaca terutama kaum remaja agar sedini mungkin menjauhkan diri dari godaan narkotika dan obat-obat terlarang lainnya.
·    Mengajak kaum remaja agar jangan sampai terjerumus ke dalam narkotika dan obat-obat terlarang lainnya.
b.     Mengumpulkan bahan
Bahan yang kita kumpulkan harus sesuai dengan topik dan tujuan karangan. Kita kumpulkan dengan melakukan pengamatan dan penelitian.
·        Pengamatan terhadap tingkah laku para remaja yang kecanduan narkotika.
·        Meneliti latar belakang kehidupan mereka.
·        Mengadakan wawancara dengan pihak kesehatan yang merawat pasien-pasien karena pengaruh narkotika.
·        Membuat tulisan-tulisan dalam majalah dan koran yang memuat berita sesuai dengan topik dan tujuan karangan yang sedang kita garap.
Semua bahan yang kita peroleh dari pengamatan dan penelitian itu kita catat agar tidak mudah kita melupakannya. Catatan harus rapi dan teratur sehingga mudah nanti menyusunnya menjadi karangan yang menarik dan dapat dipertanggungjawabkan.
c.      Membuat outline atau kerangka karangan
Outline merupakan suatu rencana kerja yang memuat garis-garis besar dari suatu karangan yang akan kita garap. Suatu kerangka karangan yang baik tidak sekali jadi. Kita harus selalu berusaha menyempurnakan bentuk yang pertama sehingga bisa kita peroleh bentuk yang lebih baik dan seterusnya.
Untuk topik di atas, yang akan kita buat tulisan yang bersifat membujuk (persuasif), sebaiknya kita pakai pola logis dengan urutan sebab-akibat.
Dalam menyusun kerangka karangan yang sesuai dengan topik di atas, dapat kita mulai dengan menyebutkan sebuah peristiwa atau masalah yang menjadi sebab timbulnya peristiwa atau akibat-akibat lain, kemudian mengemukakan bagaimana cara-cara menanggulanginya.


Pelatihan
1.        Buatlah judul yang dapat dikembangkan menjadi paragraf persuasi!
a.      ....................................................................................................................
b.     ....................................................................................................................
c.     ....................................................................................................................
d.    ....................................................................................................................
e.     ....................................................................................................................
2.        Kembangkanlah kerangka di bawah ini menjadi paragraf persuasi dengan topik "Menghindarkan Pengaruh Buruk Narkotika dan Obat-Obat Terlarang Lainnya"!
a.     Mengenal jenis narkotika atau obat-obat terlarang
1)    yang paling banyak digunakan anak-anak mucla
2)    yang pada umumnya tak disukai kaum remaja
3)    yang resmi untuk keperluan pengobatan
4)    yang resmi, tetapi beretek negatif dalam penggunaan yang berlebihan
b.     Cara-cara menggunakan narkotika,
1)   dimakan dalqm bentuk pil atau kapsul
2)   diinieksikan, yang berupa kristal dilarutkan dalam cairan
3)   diteteskan pada sesuatu yang dapat dimakan
4)   yang berbentuk kristal clapat dicium
5)   dihisap
c.     Sebab-sebab penyalahgunaan narkotika
1)    ingin membuktikan keberanian dalam melakukan Tindakan yang membahayakan
2)    sebagai tindakan protes terhadap kekuasaan
3)    untuk menghilangkan kekecewaan atau melepaskan diri dari kesepian
4)    sebagai rasa setia kawan
5)    ingin mencoba-coba

d.     Pengaruh buruk penyalahgunaan narkotika
1)   membahayakan terhadap tubuh pribadi pemakai dan berakibat kematian
2)   macam-macam bahaya gangguan terhadap masyarakat
e.    Usaha penanggulangan
1)   usaha pencegahan di lingkungan keivarga
2)   tindakan represif (pemberantasan) terhadap pecandu, pengedar dan penyelundup narkotika
3)   pembinaan kesadaran atau memperkuat mental dan moral masyarakat menjadi kebal terhadap bujukan
f.      Menarik kesimpulan
Kesimpulan yang kita ketengahkan harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Harus dapat kita buktikan adanya kerugian-kerugian akibat pengaruh negatif narkotika.
g.     Penutup
Harus kita ingat kembali bahwa penutup tidak perlu panjang-panjang, tetapi cukup pendek dan berisi bujukan agar kaum remaja senantiasa waspada jangan sampai terjerumus dalam penderitaan badan dan jiwa akibat penyalahgunaan narkotika.


2 komentar:

heni johan 25 April 2012 pukul 15.59  

ijin....bookmarks ya bu guru....mantap semua guru di sini kagungan blog.........

Ijin Share buat bapak ibu guru yang motor/mobilnya ingin kinclong monggo mampir di www.mobil-kinclong.blogspot.com

Unknown 23 Mei 2014 pukul 21.36  

(Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

Posting Komentar

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP